Wednesday, 8 May 2013

ORAL TRUSH


         BAB I
PENDAHULUAN
1.1.Latar belakang
Kelahiran seorang bayi merupakan saat yang membahagiakan orang tua, terutama bayi yang lahir sehat.Bayi yang nantinya tumbuh menjadi anak dewasa melalui proses yang panjang, dengan tidak mengesampingkan faktorl ingkungan keluarga. Terpenuhinya kebutuhan dasar anak (asah-asih-asuh) oleh keluarga akan memberikan lingkungan yang terbaik bagi anak, sehingga tumbuhkembang anak menjadi seoptimal mungkin. Tetapi tidak semua bayi lahir dalam keadaan sehat. Beberapa bayi lahir dengan gangguan pada masa prenatal, natal dan pascanatal. Keadaan ini akan memberikan pengaruh bagi tumbuhkembang anak selanjutnya. (Saiffudin, 2006).
Oleh karena itu salah satud iantaranya yaitu dengan cara meningkatkan pelayanan kesehatan yang lebih bermutu dan menyeluruh dapat diharapkan angka kematian bayi menurun,  akan tetapi menurunkan angka kematian bayi bukanlah pekerjaan yang mudah, karena banyak faktor yang perlu mendapatkan perhatian dan perhitungan dalam pelayanan sistem kesehatan.  Maka itu semua merupakan tanggungjawab tenaga kesehatan, terutama bidan. Sehubungan dengan hal tersebut diatas maka kita sebagai calon bidan harus mampu dan terampil dalam merawat bayi yang barulahir.


1.2.Tujuan
 Adapun  tujuan dari penulisan makalah ini adalah:
·        Untuk mengetahui  definisi dari oral trush
·        Untuk mengetahui  penyebab dari oral trush
·        Untuk mengetahui  tanda dan gejala oral trush
·        Untuk mengetahui penatalaksanaan oral trush







       BAB II
PEMBAHASAN
2.1.Definisi
Oral trush adalah kandidiasis membran mukosamulut bayi yang ditandai dengan munculnya bercak-bercak keputihan yang membentuk plak-plak berkeping di mulut,ulkus dangkal,demam dan adanya iritasi gastro interstinal.

2.2.Etiologi
Biasanya merupakan infeksi yang disebabkan oleh sejenisnya jamur (candida albican)yang merupakan organisme penghuni kulit dan mukosa mulut, vagina dan saluran cerna.

2.3.Tanda Dan Gejala
      Terdapatnya lesi pada mulut yang berwarna putih dan membentuk plak-plak yang berkeping menutupi seluruh atau sebagian lidah, kedua bibir, gusi dan mukosa pipi.

2.4.Penatalaksanaan
      Oral trush pada umumnya bisa sembuh dengan sendirinya tetapi lebih baik jika di berikan pengobatan dengan cara:
1.      Bedakan dengan endapan susu pada mulut bayi.
2.      Apabila sumber infeksi berasal dari ibu harus segera diobati dengan pemberian antibiotika berspektrum luas.
3.      Menjaga kebersihan dengan baik.
4.      Bersihkan daerah mulut bayi setelah makan ataupun minum susu dengn air matang dan  bersih.
5.      Pada bayi yang minum susu dengan menggunakan botol, harus menggunakan teknik steril dalam membersihkan susu sebelum di gunakan.
6.      Pemberian terapi pada bayi yaitu:
·        1 ml larutan nystatin (100.000) unit 4 X per hari dengan interval setiap 6 jam. Larutan diberikan dengan lembut dan hati-hati agar tidak menyebar luas ke rongga mulut.
·        Gentian violet 3 X per hari.




BAB III
 PENUTUP

3.1.Kesimpulan
Oral trush merupakan infeksi yang di sebabkan oleh sejenisnya jamur (candida albican) yang di tandai dengan munculnya bercak-bercak keputihan yang membentuk plak-plak berkeping di mulut,ulkus dangkal, demam dan adanya iritasi gastro interstinal.
Terdapat lesi pada mulut yang berwarna putih dan berkeping menutupin seluruh atau sebagian lidah, kedua bibir, gusi dan mukosa pipi.Oral trush pada umumnya bisa sembuh dengan sendirinya.

























DAFTAR PUSTAKA

·        Sudarti,FauziahAfroh,Asuhan kebidanan Neonatus, Bayi, dan Anak Balita,2012,Nuha Medika:Yogyakarta.
·        Sudarti,M.Kes,kelainan dan penyakit pada bayi dan anak,nuha medika: Yogyakarta.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment